Arsip

YEHUDA DAN TAMAR

 KEJADIAN 38:

                           
1  Pada waktu itu Yehuda meninggalkan saudara-saudaranya  dan menumpang  pada  seorang Adulam, yang  namanya Hira. 

2  Disitu Yehuda melihat anak perempuan seorang Kanaan, nama orang ituialah  Syua.  Lalu Yehuda  kawin  dengan  perempuan itu dan   menghampirinya. 

3  Perempuan itu mengandung, lalu  melahirkan seorang  anak  laki-laki  dan menamai anak itu Er. 

4  Sesudah itu perempuan itu mengandung lagi  lalu  melahirkan  seorang  anak  laki-laki  dan  menamai  anak  itu  Onan.

5  Kemudian perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki sekali lagi, dan  menamai  anak itu Syela. Yehuda sedang berada di Kezib  ketika anak itu dilahirkan.

6  Sesudah itu Yehuda  mengambil  bagi  Er,  anak  sulungnya,  seorang  isteri, yang bernama Tamar.

7  Tetapi Er anak sulung Yehuda itu, adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN  membunuh dia.

8  Lalu  berkatalah  Yehuda  kepada  Onan: "Hampirilah  isteri  kakakmu  itu,  kawinlah dengan dia sebagai  ganti  kakakmu  dan bangkitkanlah keturunan bagi kakakmu."


9  Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya  keturunannya  nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan  maninya  terbuang, supaya  ia jangan  memberi keturunan  kepada  kakaknya.

10 Tetapi yang dilakukannya itu  adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN membunuh dia juga.

11  Lalu berkatalah Yehuda  kepada Tamar,  menantunya  itu: "Tinggallah sebagai janda di  rumah  ayahmu,  sampai  anakku  Syela  itu  besar,"  sebab  pikirnya: "Jangan-jangan ia mati seperti kedua kakaknya itu." Maka pergilah Tamar dan tinggal  di rumah ayahnya.

12  Setelah  beberapa lama matilah anak Syua, isteri Yehuda. Habis berkabung pergilah Yehuda ke Timna, kepada orang-orang  yang  menggunting  bulu domba-dombanya, bersama dengan Hira, sahabatnya, orang Adulam itu. 

13  Ketika  dikabarkan  kepada  Tamar:  "Bapa  mertuamu  sedang  di  jalan  ke  Timna  untuk menggunting bulu domba-dombanya," 

14  maka ditanggalkannyalah  pakaian  kejandaannya,  ia bertelekung dan berselubung, lalu pergi duduk di pintu masuk ke Enaim yang di jalan ke  Timna, karena  dilihatnya,  bahwa Syela telah menjadi besar dan dia  tidak  diberikan  juga  kepada  Syela  itu   untuk   menjadi isterinya.  

15  Ketika Yehuda melihat dia, disangkanyalah dia seorang perempuan sundal, karena  ia  menutupi  mukanya.  

16  Lalu  berpalinglah  Yehuda  mendapatkan  perempuan  yang  di pinggir  jalan  itu  serta  berkata:   "Marilah,   aku   mau  menghampiri  engkau,"  sebab  ia tidak tahu, bahwa perempuan itu menantunya.  Tanya  perempuan  itu:  "Apakah  yang  akan  kauberikan   kepadaku,  jika  engkau  menghampiri  aku?"  

17  Jawabnya: "Aku akan mengirimkan kepadamu seekor anak kambing dari  kambing  dombaku."  Kata  perempuan  itu: "Asal engkau  memberikan  tanggungannya,  sampai engkau  mengirimkannya kepadaku."   18  Tanyanya:  "Apakah  tanggungan  yang  haru kuberikan kepadamu?" Jawab  perempuan  itu: "Cap  meteraimu serta  kalungmu  dan tongkat yang ada di tanganmu itu." Lalu diberikannyalah   semuanya itu kepadanya,  maka  ia  menghampirinya.  Perempuan  itu  mengandung dari padanya. 

19    Bangunlah  perempuan  itu,   lalu   pergi,  ditanggalkannya telekungnya dan dikenakannya pula pakaian kejandaannya.
20  Adapun  Yehuda,  ia  mengirimkan anak kambing itu dengan  perantaraan sahabatnya, orang Adulam itu,  untuk  mengambil  kembali  tanggungannya  dari  tangan  perempuan  itu, tetapi perempuan itu tidak dijumpainya lagi. 

21  Ia  bertanya-tanya  di  tempat  tinggal  perempuan  itu: "Di  manakah perempuan jalang, yang duduk tadinya di pinggir jalan di  Enaim  itu?" Jawab  mereka: "Tidak  ada  disini  perempuan  jalang." 

22   Kembalilah ia kepada Yehuda dan berkata: "Tidak ada kujumpai dia;  dan  juga orang-orang di tempat itu berkata: Tidak ada  perempuan  jalang  di  sini." 

23  Lalu  berkatalah  Yehuda: "Biarlah  barang-barang  itu dipegangnya, supaya kita jangan menjadi buah olok-olok orang; sungguhlah anak kambing  itu telah  kukirimkan,.tetapi  engkau  tidak menjumpai perempuan  itu."
24 Sesudah kira-kira tiga bulan dikabarkanlah kepada Yehuda: "Tamar  menantumu,  bersundal,  bahkan telah mengandung dari persundalannya itu." Lalu kata Yehuda: "Bawalah  perempuan itu, supaya dibakar."  

25  Waktu  dibawa,  perempuan  itu  menyuruh orang kepada mertuanya mengatakan: "Dari  laki-laki yang  empunya  barang-barang  inilah  aku  mengandung." Juga  dikatakannya: "Periksalah, siapa yang  empunya  cap  meterai serta  kalung  dan  tongkat  ini?"  

26  Yehuda  memeriksa  barang-barang  itu,  lalu  berkata: "Bukan   aku, tetapi perempuan   itulah  yang  benar,  karena  memang  aku  tidak memberikan  dia kepada  Syela, anakku."  Dan  ia  tidak bersetubuh lagi dengan perempuan itu.
27  Pada  waktu  perempuan itu hendak bersalin, nyatalah ada anak kembar dalam kandungannya. 

28 Dan ketika  ia  bersalin, seorang  dari anak itu mengeluarkan tangannya, lalu dipegang oleh bidan, diikatnya dengan benang kirmizi  serta  berkata: "Inilah  yang  lebih  dahulu  keluar."  

29  Ketika  anak itu menarik tangannya kembali, keluarlah  saudaranya  laki-laki, dan  bidan itu berkata: "Alangkah kuatnya engkau menembus ke luar," maka anak itu dinamai Peres. 

30 Sesudah itu keluarlah saudaranya  laki-laki  yang  tangannya  telah berikat benang kirmizi itu, lalu kepadanya diberi nama Zerah.

    ALKITAB, LAI 1994 (halaman 44-45)