Arsip

4 injil

PERJANJIAN BARU

Perjanjian Baru ialah kitab-kitab atau tulisan-tulisan yang datangnya sesudah Nabi Isa, apakah itu sepuluh, ataukah mungkin ratusan tahun sesudahnya. Perjanjian Baru terdiri. atas dua bagian, yaitu Injil-injil dan surat-surat kiriman .
Isi Perjanjian Baru ialah:

1. Injil yaitu Injil-injil Matius , Markus, Lukas dan Yahya, Termasuk pula dalam injil Lukas ialah Kisah Rasul-Rasul, yaitu tulisan Dr. Lukas, tabib pribadi Paulus, tentang
diri Paulus.

2. Surat-surat kiriman (oleh Paulus) terdiri dari 14 surat banyaknya:
Surat kiriman kepada orang Rum
Surat kiriman kepada orang Korintus I & II
Surat kiriman kepada orang Galatia
Surat kiriman kepada orang Epesus
Surat kiriman kepada orang Pilipi
Surat kiriman kepada orang Kolose
Surat kiriman kepada orang Tesalonika I & II
Surat kiriman kepada sahabatnya Titus I & II
Surat kiriman kepada sahabatnya Pilemon
Surat kiriman kepada orang orang Ibrani
Surat dari Yakub, Petrus I & II, Yahya I, II, III dan V, dimana yang ke -IV ini disebutkan wahyu kepada Yahya dan sebuah dari Yehuda.

Maka jumlah keseluruhannya ialah 27 buah, yaitu 5 buah Injil, termasuk kisah rasul-rasul, 22 buah surat kiriman, 14 diantaranya buah tangan Paulus.

Didalam kita menelaah Perjanjian Baru maka ada tiga persoalan yang harus kita selesaikan yaitu: Satu atau Tigakah Allah menurut Perjanjian Baru?

Manusia atau Tuhankah tokoh Yesus dalam Perjanjian Baru ?

Masihkah Hukum Musa (Taurat ) itu berlaku ?

Untuk supaya kita dapat menyelaminya lebih mendalam baiklah lebih dahulu kita cantumkan beberapa ayat-ayat Perjanjian Baru, yang mungkin berguna dalam penyelidikan kita lebih lanjut. Kita lihat sekarang:

1. Matius 5:17 : Janganlah kamu sangkakan aku datang ke dunia ini untuk merombak hukum Taurat atau kitab nabi-nabi, bukannya aku datang untuk merombak kitab Taurat atau nabi-nabi, melainkan untuk menggenapi.

2. Rum 3:31: Jikalau demikian adakah kami membatalkan Taurat oleh sebab iman itu ? Tidak, sekali-kali tidak melainkan kami meneguhkannya.

3. Matius 4: 2 : Setelah Yesus berpuasa 40 hari 40 malam lamanya, maka iapun laparlah.

4. Yahya 3:16: Karena demikian Allah mengasihi dunia ini, sehingga dikaruniakannya anaknya yang tunggal , supaya barangt siapa percaya akan dia jangan binasa, melainkan mendapatkan hidup yang kekal.

5. Yahya 5:7: Karena tiga yang menjudi saksi di surga yaitu bapa, firman dan rokhulkudus.

6. Galatia 3:10 : Karena seberapa banyak orang yang keadaannya melakukan syariat Taurat, ada dibawah kutuk seperti tersurat: bahwa terkutuklah tiap-tiap orang yang
tiada tekun berbuat segala sesuatu yang tersurat didalam kitab Taurat.

7. Markus 7:8: Hukum Allah kamu tinggalkan, dan hukum manusia kamu turut.

8. Rum 3:28: Sebab itu kami sifatkan orang disebarkan oleh sebab iman, bukan dengan melakukan syariat Musa.

9. Matius 23:8 : Hanya ada satu saja bapamu ialah yang ada didalam surga.

10. Galatia 2 :17: Adakah Kristus Yesus itu pelayan dosa?
Mustahil. Seperti Perjanjian Lama , maka kemungkinan besar, sebab Perjanjian Baru ini ditulis pula oleh beberapa orang, maka didalam Perjanjian Barupun kita banyak menjumpai pertentangan-pertentangan, bahkan yang lebih prinsip , yang
lebih penting lagi dibanding dengan Perjanjian Lama. Kita
lihat sekarang:

1. Matius 5:17 dengan Galatia 3: 13, masing-masing berbunyi : Jangan kamu sangkakan Aku (Yesus) datang kedunia ini untuk merombak Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan Maka Yesus sudah menebus kita daripada kutuk Taurat Musa itu, dengan menjadikan suatu kutuk karena kita karena ada tersurat: Bahwa terkutuklah tiap -tiap orang yang tergantung pada kayu.

2. Menurut Rum 3:31: Jikalau demikian adakah kami ini membatalkan Taurat oleh sebab iman itu? Tidak, sekali- kali tidak.

Menurut Rum 4:15 : Taurat Musa itu mendatangkan murka, siapa yang melakukan hukumnya, tiada dibenarkan. (Kesimpulan: Taurat Musa memang tidak dibatalkan, tetapi ia dianggap sebagai gudangnya kemurkaan Allah).

3. Menurut Markus 12:29: Dengarkanlah olehmu hai Israil, adapun Allah Tuhan kita, ialah Tuhan Yang Esa.

Menurut I Yahya 5 :7: Karena ada tiga saksi disurga yaitu bapa, firman dan roh kudus. Ayat ini diperjelas lagi dengan Matius 28:19 : Yesus menyuruh murid-muridnya pergi ke seluruh bumi, membaptiskan orang dengan nama Bapa, dan Anak dan Rokhulkudus. (Kesimpulan: Yesus memungkiri kata-katanya sendiri, yaitu Tuhan yang Esa menjadi Tuhan yang tiga yaitu Bapa, Anak dan Rokhulkudus.

4. Menurut Matius I: 1-16: Silsilah Yesus sampai Ibrahim ada 42.
Menurut Lukas 3: 23-34 : Silsilah Yesus sampai Ibrahim ada 55.

(Kesimpulan: Kalau Matius benar maka Lukas salah; kalau Lukas yang benar, lalu bagaimanakah dengan Matius? Lagipula menurut Matius nenek Yesus ialah Yusuf, melalui keturunan Soleman, menurut Lukas nenek Yesus ialah Heli, melalui
keturunan Natan).

5. Menurut Yahya 5 :37: Yesus mengatakan: Maka bapa itu yang sudah menyuruh aku, ia sendiri telah menyaksikan dari halku. Kamu belum mendengar suaranya dan menampak dia.

Menurut Yahya 3:16 : Allah berkata: Inilah anakku yang kukasihi, kepadanyalah aku berkenan.

(Kesimpuhan: Yesus manusia atau Tuhan? Ia Rasul yaitu pesuruh Allah ataukah ia
Allah, seperti yang dikatakan oleh Yahya 1: 1).

Menurut Matius 10 : 5-6: Ajaran Yesus khusus untuk bangsa Yahudi saja. Menurut Matius 28:29: Ajaran Yesus untuk semua orang, dikuatkan pula oleh kisah rasul-rasul 14:27 .

(Kesimpulan: Ucapan Yesus tidak selamanya tepat, ia sesudah bangkit dan kematiannya, berubah hatinya, mengubah ajarannya dari khusus untuk bangsa Yahudi menjadi untuk segala bangsa dan bahasa dan kaum) .

7. Menurut Rum 3:31: Adakah kami membatalkan hukum Taurat? Tidak, sekali-kali tidak.
Menurut Rum 7:6 : Tetapi sekarang ini kita telah terlepas daripada hukum Taurat itu.
(Kesimpulan: Paulus memungkiri kata -katanya sendiri, ia tidak menolak bahkan ia menggenapi Taurat, Tetapi ia berlepas diri daripada Taurat, dus tidak mengakuinya lagi).

8. Menurut Matius 18: 4: Anak -anak bayi tidak berdosa , hingga siapa yang menyambut kerajaan Allah seperti bayi- bayi itu akan diterima.

Menurut Rum 5: 12: Semua manusia berdosa , termasuk bayi-bayi yang tidak tahu apa-apa. Begitulah seterusnya, masih ada berpuluh-puluh ayat- ayat lagi, yang bila kita kutip semuanya, saya khawatir tidak dapat meneruskan penulisan buku ini.